ab

b

Jumat, 30 Mei 2014

Modifikasi Honda Tiger, Ninja 250R, Ninja 250 FI dan Z250

Akhir tahun kemarin dapet kiriman artikel dari bro Grady, seorang temen yang ternyata kecanduan. Kecanduan modifikasi motor maksudnya. Bagaimana kelanjutannya? Langsung aja kita simak kisahnya di bawah ini…
“MODIFIKASI MOTOR, ANTARA KEBUTUHAN, GENGSI DAN CURAHAN KEGALAUAN HATI”
Dunia Modifikasi terutama modifikasi  motor belakangan ini berkembang pesat. Adapun pengertian Modifikasi menurut Wilkipedia adalah cara mengubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya, serta menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya. Naahh…apabila menilik pengertian tersebut, dapat diartikan bahwa motor-motor yang dikeluarkan pabrikan masih dianggap KURANG MENARIK??? Berikut catatan perjalanan gw dalam hal memodifikasi motor-motor gw dari pertama gw beli sampe sekarang.
Gw mulai mengetahui seluk beluk motor dimulai tahun 2005 dengan meminang Honda Tiger CW warna hitam. Yang pertama kali mendarat di garasi rumah rasanya seperti mimpi…J lebaayyy. Tapi memang kenyataan perasaan gw saat itu (mulai melo ney sob..)..pada awalnya yang terpikirkan hanyalah mengganti knalpot (belum jaman slip on) dan ganti velg local power+battlax cukup. Gak kepikiran mau modifikasi dengan limbah2 moge segala (masih idealis neh). Apalagi sempat diliput oleh otomotif mengenai aplikasi modifikasi yang plug n play yang kebetulan gw pake arm kumis+velg local merk POWER. Pas di wawancara dan pengambilan foto (ciye..ciye), dengan bangganya “gw pilih modifikasi plug n play dibandingkan dengan limbah2 moge karena simple, biaya terjangkau dan yakin dengan kualitas”…..ternyataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….gak sampe 3 bulan gw kena racun dunia selain wanita berparas cantik dan montok di THOLE MODIFICATION di daerah Serdang Kemayoran. Dengan punggawa THOLE yang ternyata bernama aslinya Evnu Prastowo meyakinkan bahwa dengan diganti velg lebar limbah, upside down/teleskopik limbah, monoshock/arm limbah akan panglingin. Singkat kata…GANTIIIIIII…awal modifikasi digantilah Teleskopik eks Honda CB 400, Velg ex Suzuki Impulse Arm ex Suzuki Impulse dan tak lupa Ban Battlax BT 014 uk 120/70-17 dan 160/60-17..(see pic below)
tiger1tiger2
Setelah direhab, langsung cussss..gassss ke garut silaturahmi dengan para anggota GHOTIC Garut…tiger3
Seiring berjalannya waktu perkembangan tekhnologi dan varian motor semakin pesat. Sekitar tahun 2008 muncullah motor yang ditunggu-tunggu dengan kapasitas 250cc…..eng..ing..eng…Ninja 250 r……………………tapi apa lacur, gw lum bisa langsung meminangnya…hiks..hiks..:-( ….tetapi kata orang bijak, rejeki ga kemana….sekitar tahun 2012, barulah gw bisa meminang Kawasaki ninja 250cc R warna merah, yang notabene memang idaman…yippieeee…dream come true again…dengan kondisi sudah sedikit modif sederhana, lumayan lah buat wara-wiri…berikut penampakannya
ninja250r_1ninja250r_4ninja250r_3ninja250r_2
Tapi pastilah, namanya juga laki-laki, gatelan kalo ga diberikan sentuhan lagi, jadilah ditambah sana-sini, tapi masih mengusung tema plug n play modification…belum kena racun si EVNU alias THOLE..xixixixixi…tambah velg lebar V-Rossi ukuran 3 dan 4,5 inch dibalut ban Pirelli Diablo Corsa uk 180/55-17 dan depan Battlax BT 090 uk 120/60-17. Karena pemasangan yang mudah, gw percayakan ke BEET DNA SHOP di bilangan tanah kusir (camp Ninja South Chapter). Serta diberi aksen cutting sticker dan beberapa part di karbon asli. Tapi ada kejadian unik juga, ketika ingin meng-karbon parts dashboard, spakbor depan, dengan PEDEnya gw copot-copotin lah itu Parts yang mau dikarbon, dengan susah payah pulak! Pas udah jadi semua dikarbon, gw ga bisa tuh masangin balik!!! Utak atik, baca manual book di mbah google, tetep ga bisa!!! Hadeeeehh…ya sudah gw panggil lah mekanik SPORTISI mas Imam, gak sampe ½ jam terpasang kembali! Wewwww….
Tapi ini motor emang ga rejeki berlama-lama sama gw, karena di akhir 2012 kalau gak salah, muncullah Kawasaki ninja 250cc Fuel Injection… dengan model yang total berbeda.. alamaaaaaaakkkk…hiks2…adrenalin gw langsung bilang harus ganti….(pusing alesan ke bini gw nehh)..tanpa ba..bi..bu..gw iklanin langsung deh, Alhamdulillah rejeki lagi, laku cepat!!! Dengan harga yang ideal pula. Seketika itu pula, gw langsung kontak kolega gw untuk inden Kawasaki Ninja 250cc FI yang menurut cerita inden sampai 3 bulan dan harus sampai upping 5 jt biar dapat unit! Tapi gw sabar aja, yang penting dapet lah. Tak disangka tak dinyana, namana Rejeki, gw dapet tanpa harus inden lama dan upping jut-jutan…dalam 3 hari langsung mendarat tuh MOTOR!!! WEEEWWWW…Alhamdulillah ya Allah, Engkau selalu mudahkan rezeki hamba.
Tapi ada bedanya motor ini sama motor-motor gw yang sebelumnya. Pas datang langsung diracun oleh THOLE buat ganti kaki-kaki limbah moge premium!!! Ya sudahlah, yang penting hati senang…ya gak..hehehehe..berikut penampakannya:
ninja250fi_4ninja250fi_3ninja250fi_1ninja250fi_2
Spesifikasi sebagai berikut :
-        Upside Down Honda CBR 600 Radial tahun 2010
-        Velg Kawasaki ZX 6 3,5inc & 5,5 inc ban Battlax s20 120/60-17 & 190/50-17
-        Swing arm Yamaha R6
-        Knalpot Leo Vince WSBK 2 Ori full System
-        Frame Slider Original Kawasaki Jepang
-        HID 6000 K
-        Cutting Sticker nine works graphic
-        Spakbor depan CBR 600 replika
Proses pengerjaan memakan waktu sekitar 2 mingguan..menurut gw sey gw sudah cukup puas dengan hasilnya. Tapi itu selera ya gaan, tergantung masing-masing. Kalao mau dihujat juga gak apa aliran modifikasi ala kadarnya ini. Ane beli ni motor sekitar bulan oktober 2012..tapiiiiii..kok ya pegel ya gw makenya..hihihi..dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, gw merasa gak begitu nyaman untuk dikendarai harian…(170cm, 70 Kg). mungkin bagi orang yang lebih tinggi bisa rasakan kenyamanannya. Maka dari itu sekitar bulan April 2013 ane dengan terpaksa berpindah aliran ke naked bike. Jreng…jreng…Kawasaki Z250!!! Secara ergonomis berkendara sangat nyaman..
Sejak datang dari dealer seperti biasa, ane langsung kirim ke THOLE MODIFICATION. Ganti kaki-kaki dan pendukung lainnya. Berikut penampakannya:
z250_4z250_1z250_5z250_3z250_2
Spesifikasi :
-        Upside down radial Suzuki GSX 750 as Hitam 2009
-        Swing Arm Suzuki GSX 600 2010
-        Kaliper belakang Suzuki GSX 600 2010
-        Velg ZX 14inc 3,5inc, 6 inc + Battlax s20 uk 120/60-17 dan 190/50-17
-        HID 6000 K
-        Hand Grip Rizoma Italy
-        Knalpot Leo Vince WSBK 2 Full System
-        Selang Rem Hell Carbon
Alhamdulillah sampai saat ini motor ini jadi pajangan di garasi..hehehehe…hujan terus broooowww…so far gw puas dengan kondisi motor z250 gw, riding position yang nyaman, tenaga lumayan, tampilan mempesona..hehehe..belum kepikiran untuk naek kelas Alhamdulillah..(catat ya sob)…
Demikian orat oret gw mengenai hobi gw bongkar pasang modifikasi motor, tapi yang terpenting dari semua adalah SAFETY RIDING AND RESPECT OTHERS!!!!
SALAM HANGAT BAGI PECINTA FASHION ALMOST BIG BIKE…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar